Tutorial

Bagaimana Melakukan Kelas Tutorial yang Efektif

Untuk menjadi guru yang efektif, hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa salah satu tujuan terpenting guru adalah MEMBANTU SISWA BELAJAR MEMBANTU DIRI SENDIRI. Tiga dari banyak cara untuk mencapai tujuan ini adalah:

o Pembelajaran Aktif – Memiliki kegiatan terstruktur untuk dilakukan siswa. Bekerja keras untuk membangun minat di bagian siswa. Ajukan pertanyaan dan coba libatkan siswa dalam mendapatkan jawaban daripada memberikan jawaban lengkap. Keterlibatan ini akan membangun rasa percaya diri siswa, langkah terpenting dalam meningkatkan proses menulis.

o Kemandirian – Siswa yang percaya diri akan menjadi siswa yang mandiri. Bantulah siswa mengembangkan gagasan dan berdiskusi dengan mereka bahkan jika ini mungkin tidak secara langsung berkaitan dengan tentang apa kursus itu. Kelas tutorial memberikan kesempatan ini di mana seorang guru dapat secara efektif berinteraksi dengan siswa di tingkat individu mereka, berusaha untuk membangun kepercayaan diri dan kemandirian mereka.

o Motivasi – Tutorial kelas memberikan waktu untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa secara individu dan bergantung pada itu guru dapat mengembangkan caranya sendiri untuk memotivasi siswa secara individu. Ini juga memberikan kesempatan kepadanya untuk mengidentifikasi siswa yang lemah dan baik dan dia dapat menangani siswa yang lebih lemah untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka dengan motivasi.

Dengan mengingat fakta-fakta di atas, sebuah pertemuan yang terdiri dari metode-metode berikut disarankan sebagai cara pelaksanaan kelas Tutorial yang dapat diadopsi secara seragam, dan menjadi standar yang harus diikuti dengan sedikit variasi.

Subjek Teoritis

o Fakultas harus mengajukan pertanyaan terkait dengan konsep yang dibahas di kelas untuk memastikan tingkat pemahaman konsep dasar. Konsep ini dapat dijelaskan dengan bantuan membahas masalah desain tertentu dan mengutip contoh dari dunia belakang. Ini akan membantu menjernihkan keraguan mereka dan juga menambah kedalaman pengetahuan dan penerapannya.

o Diskusi dapat diadakan untuk mengadopsi pendekatan terbaik dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan

Makalah universitas (to the point).

o Mendorong siswa untuk berbagi konsep terbaru yang berkaitan dengan mata pelajaran.

o Fakultas dapat meminta mahasiswanya untuk datang ke dewan untuk mendiskusikan poin-poin penting tertentu yang berkaitan dengan teori dan menghubungkannya dengan praktik yang dilakukan di lab.

Subjek Numerik

o Memotivasi Siswa untuk menyelesaikan soal numerik di buku catatan dan kemudian mengajak mereka membahasnya di papan tulis.

o Lembar tutorial dapat dirancang dengan ruang kosong di bawah setiap pertanyaan untuk diselesaikan di sana. Lembaran-lembaran ini, setelah dievaluasi oleh guru, dapat dimasukkan ke dalam folder oleh siswa untuk referensinya. Fakultas dapat menyimpan beberapa yang terbaik sebagai sampel.

o Pendekatan lain mungkin bahwa fakultas memecahkan beberapa pertanyaan di kelas tutorial di papan tulis dan kemudian mendorong siswa untuk menyelesaikan sisanya sendiri dan membantu mereka dalam melakukannya.

o Siswa dapat diminta untuk mengunduh lembar tutorial dari situs institut dan menyelesaikannya sebelum datang ke kelas di mana fakultas dapat mencoba untuk menghilangkan keraguan mereka dan mencoba untuk memecahkan pertanyaan yang belum terpecahkan, jika ada, secara mendalam.

o Siswa dapat diilhami untuk memelihara folder yang berisi silabus, rencana pelajaran dan lembar tutorial dari semua mata pelajaran yang dapat mereka bawa ke institut setiap hari dengan demikian melestarikan dokumen untuk persiapan akhir. Cara lainnya, ini dapat dicetak di bawah pengaturan institut dan dapat didistribusikan kepada siswa.



Source by Anil Nigam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *