Tutorial

Bagaimana Menulis Tutorial Pemula yang Lebih Baik

Setiap hari orang mencari di Internet untuk mempelajari bagaimana melakukan sesuatu dan ada banyak tutorial untuk menjawab pertanyaan mereka. Namun mereka mungkin tidak selalu menemukan jawaban sebenarnya yang mereka cari karena masalah tertentu yang mereka miliki dengan tutorial itu sendiri. Mungkin tidak jelas bagi mereka atau terlalu rumit.

Saya pribadi telah membaca dan menulis banyak panduan pemula, artikel, dan tutorial selama bertahun-tahun tentang berbagai subjek, dan saya telah menemukan cara untuk meningkatkan ajaran saya sendiri, yang ingin saya bagikan dengan Anda.

FOKUS HANYA PADA APA YANG PERLU ANDA KATAKAN

Bayangkan Anda sedang mengobrol dengan seseorang. Apakah mereka terus-menerus berbicara tentang apa-apa atau apakah mereka langsung ke intinya. Jika mereka mengatakan banyak hal yang tidak perlu dan sering mengulanginya, Anda mungkin mendapati diri Anda hanya setengah mendengarkan atau bahkan mematikan. Ketika orang membaca tutorial Anda, mereka mencari jawaban atas pertanyaan mereka, mereka tidak mau membaca banyak hal yang menurut mereka omong kosong yang tidak berarti.

Oleh karena itu, saat Anda mengedit tutorial, fokuslah hanya pada apa yang perlu Anda katakan dan hilangkan apa pun yang sebenarnya tidak memberikan kontribusi apa pun padanya.

HINDARI KELEBIHAN INFORMASI

Siapa sebenarnya yang membaca cetakan kecil atau syarat dan ketentuan yang sepertinya dibaca seperti novel kebesaran, yang ditulis oleh seseorang yang suka pamer karena tahu banyak kata-kata panjang? Orang-orang secara otomatis mati ketika mereka diberikan terlalu banyak informasi sekaligus. Saya pribadi kesulitan mengingat terlalu banyak instruksi sekaligus. Beri aku petunjuk arah di suatu tempat dan ingatanku mulai menolak setelah empat yang pertama.

Lebih baik menyajikan informasi Anda dalam paragraf yang lebih kecil dan berfokus pada satu hal pada satu waktu. Jika Anda memiliki banyak hal untuk dikatakan maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membagi tutorial Anda menjadi beberapa bagian IE: Bagian 1, Bagian 2 dll …

Oleh karena itu, tempatkan diri Anda dalam pikiran pemula. Jika Anda ingin mempelajari sesuatu, bagaimana Anda ingin informasi tersebut disajikan kepada Anda? Gunakan tajuk yang dicetak tebal untuk menjelaskan tentang apa paragraf atau bagian berikut ini dan hindari penggunaan istilah asing yang mungkin tidak dipahami oleh pemula saat ini.

JANGAN PERNAH PATRONISASI PEMBACA ANDA

Ini mungkin tampak jelas tetapi ini adalah sesuatu yang harus selalu Anda waspadai. Beberapa tahun yang lalu saya mengirimkan pertanyaan pemrograman kepada seseorang di majalah dan bagian pertama dari jawaban yang dia cetak adalah ini: “Meskipun contoh di manualnya cukup jelas, saya akan memberikan contoh lain.” Saya menemukan ini menghina. Mungkin itu jelas baginya tetapi tidak bagi saya karena saya tidak akan menulis kepadanya sejak awal.

Beberapa orang berpandangan bahwa jika seseorang tidak memahaminya maka orang itu tebal dan pantas untuk dilindungi. Beberapa orang menjadi marah jika seseorang tidak mengerti apa yang sedang dijelaskan kepada mereka. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kecepatan dan kemampuan belajar yang berbeda. Jika Anda menemukan Anda adalah seseorang yang memiliki sikap buruk terhadap orang lain maka itu dapat tercermin dalam tulisan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus fokus membantu orang itu untuk memahami daripada menyerang karena menurut Anda dia mengatakan sesuatu yang jelas atau bodoh. Beberapa orang memang terlihat bodoh tetapi mereka tidak perlu melakukannya dengan sengaja. Jika mereka tidak memahami sesuatu, maka yakinkan mereka bahwa Anda bukan ancaman bagi mereka, Anda mencoba membantu mereka.

KESIMPULAN

Memahami kebutuhan orang dan bersabar dengan mereka dapat membantu Anda menjadi tutor yang lebih baik. Dengarkan komentar mereka dan belajar dari mereka untuk meningkatkan tulisan Anda.



Source by Dean Sharples

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *