Tutorial

Tutorial Java – Apa Itu Pemrograman Berorientasi Objek di Java?

Java diistilahkan sebagai bahasa Berorientasi Objek. Jadi, sebenarnya apa yang ditunjukkan Berorientasi Objek? Ini menandakan bahwa fondasi dari hampir semua program komputer bawaan Java dapat dibayangkan dengan sangat baik dalam kaitannya dengan Objek. Contoh yang baik dari ide ini adalah dengan melihat sejumlah contoh persyaratan bisnis untuk suatu produk. Bayangkan kita benar-benar ditugaskan untuk mengembangkan program komputer yang seharusnya mengelola sistem perpustakaan umum yang sangat besar. Sistem ini harus memperhitungkan seluruh rangkaian cabang milik perpustakaan, masing-masing bahan yang mungkin terdapat di cabang, selain setiap pengunjung yang mungkin ingin meminjam buku di cabang perpustakaan.

Pertama-tama yang bisa kita lakukan adalah melihat spesifikasi ini dan melihat setiap kata yang kebetulan merupakan kata benda. Sebagai catatan, kata benda sebenarnya adalah orang, tempat, atau benda. Jadi, saat Anda menilai spesifikasi ini, kami membedakan kata benda di atas:

1) Perpustakaan

2) Buku

3) Cabang

4) Pelanggan

Semua frasa ini pasti melambangkan Objek di Jawa. Pada dasarnya, pemrograman Berorientasi Objek (alias pemrograman OO). Apa yang akan kita lakukan sekarang, hanya mentransfer keempat Objek ini ke selembar kertas kuno, dan mulai menemukan tipe atribut apa yang dimiliki masing-masing Objek ini Apa yang saya maksud dengan atribut? Oke, dalam pengembangan OO sering dikenal sebagai mengenali hubungan “memiliki”. Berikut adalah contoh, Cabang “memiliki” alamat, Buku “memiliki” judul, Pelanggan “memiliki” sebutan. Kita bisa memetakan semua atribut penting yang dimiliki semua Objek ini, dan membangun titik awal yang luar biasa untuk desain aplikasi Java apa pun.

Pengembangan Berorientasi Objek memungkinkan pengembang untuk berpikir dalam istilah “benda” atau Objek di dunia nyata, dan hanya memecahkan masalah dengan Objek tersebut. Sangat disarankan untuk dicatat bahwa Java sebenarnya bukan satu-satunya bahasa pemrograman OO yang ada, karena sebenarnya sudah dikenal hampir lima dekade yang lalu dan banyak bahasa pemrograman populer yang menggunakan prinsip-prinsip Berorientasi Objek. Bahasa tersebut mungkin termasuk C ++, C #, Objective-C, Python, Ruby, dan Visual Basic.

Ada lebih banyak pengertian yang penting dalam bahasa pemrograman OO termasuk pewarisan, polimorfisme dan enkapsulasi. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak pemrograman Berorientasi Objek karena berkaitan dengan bahasa Java, ada banyak blog tutorial Java yang hebat saat ini.



Source by Trevor J Page

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *